Wisata Bertema UFO: Dari Misteri Menjadi Pengalaman Liburan Unik

Jakarta - UFO, piring terbang dan alien adalah misteri yang entah kapan bisa terungkap. Namun kisah ini menjadi inspirasi lahirnya banyak destinasi wisata yang unik.

Unidentified Flying Object adalah sebutan untuk fenomena benda terbang misterius. Istilah UFO diciptakan Edward J Rupelt yang memimpin Project Blue Book, tim investigasi resmi Angkatan Udara AS di akhir 1951. Hal ini menyusul penampakan benda asing di langit Amerika.

Namun yang paling fenomenal adalah Roswell UFO Incident tahun 1947 di New Mexico. Ada kecelakan pesawat, namun itu diduga UFO. Sikap Angkatan Udara AS yang tertutup melahirkan spekulasi liar di masyarakat.

Dari situ lahirlah aneka cerita dan dongeng tentang UFO dan mengilhami ratusan film fiksi ilmiah sampai sekarang. UFO lantas menjadi pop culture yang menyebar dari Amerika ke Eropa dan Asia.

Dalam perjalanan waktu, UFO akhirnya menjadi tema wisata alternatif yang unik. Nah, Travel Highlight edisi Kamis (3/11/2016) akan membahas aneka destinasi wisata terkait UFO atau terilhami dengan UFO yang ada di seluruh dunia.

Kenapa terilhami? Ya, banyak sekali bangunan biasa, tidak ada hubungannya dengan UFO, tapi mengambil bentuk mirip UFO dan lantas menjadi perhatian wisatawan.

Yang pertama adalah wisata bertema UFO, ada banyak di Amerika Serikat. Terkait Roswell Incident, lahirlah museum dan paket tour wisata bertema UFO di sana. Di Amerika bahkan ada yang membuat UFO Welcome Center.

Kebanyakan destinasi ini ada di kota-kota kecil. Jadi memang butuh perjuangan bagi traveler untuk menjangkaunya. Di Brasil ada menara untuk penggemar UFO. Sementara di Kanada ada yang membangun landasan supaya UFO bisa mendarat.

Nah, di negara-negara lainnya adalah bangunan-bangunan yang terinspirasi dari bentuk UFO. Ada gedung untuk kebutuhan MICE di Belanda yang bentuknya UFO. Di Swedia ada hotel yang bentuknya mirip UFO. Di Slovakia ada jembatan dengan bangunan piring terbang.

Di Indonesia malah ada komunitas Ufonesia dan Beta UFO, buat traveler yang tertarik dengan tema-tema UFO. Thailand malah punya vihara yang bentuknya mirip piring terbang. Keren kan?

Masih banyak lagi tempat-tempat bertema UFO yang menarik untuk wisatawan. Banyak yang buat seru-seruan, jadi spot untuk fotografi atau groufie dengan teman-teman traveling.

UFO memang menjadi pop culture dunia yang asyik dan seru. Kali lain kamu sedang traveling ke luar negeri, perhatikan saja. Siapa tahu ada spot bertema UFO di sana. Kalau ada, jangan ragu untuk mampir, demi pengalaman liburan yang unik!

0 komentar :

Posting Komentar